Simpang Siur Biaya Potongan Wire Transfer Google Adsense

 Hingga saat ini memang sudah banyak dapat ditemukan artikel blog yang membahas Simpang Siur Biaya Potongan Wire Transfer Google Adsense Hingga saat ini memang sudah banyak dapat ditemukan artikel blog yang membahas biaya potongan pembayaran adsense.

Tapi lucunya adalah, terdapat beberapa perbedaan dari beberapa tulisan tentang berapa sebenarnya jumlah biaya potongan yang diberlakukan oleh Google Adsense terkait metode pembayaran via wire transfer bank atau transfer kawat.

Sesuai kebijakan yang ada di Google Adsense, hingga saat ini memang ada 3 jenis metode pembayaran yang diberlakukan yakni melalui Cek, Western Union (WU) dan Wire Transfer.

Dan berdasarkan pengalaman saya sendiri, saya sudah mencoba dari kedua pilihan metode pembayaran seperti diatas Western Union dan Wire Transfer, akan tetapi saya memutuskan untuk selalu menggunakan Western Union.

Hal tersebut saya lakukan, karena menurut saya itu adalah cara yang paling cepat dan tanpa ada potongan biaya satu peser pun. Dan begitu sudah ada email pemberitahuan Google dana sudah dikirim, maka bisa langsung di ambil di kantor pos atau agen-agen penyedia layanan ini hanya dengan menyerahkan  fotocopy ktp atau sim serta nomor MTCN nya.

Lantas berapa biaya potongan pembayaran Google Adsense via Wire Transfer..?

Nah, hal inilah yang selama ini lebih terkesan simpang siur, karena berdasarkan penjelasan Google, mereka tidak melakukan potongan biaya apapun. Hal tersebut bisa di cek di: https://support.google.com/adsense/answer/6025222?hl=id.

 Hingga saat ini memang sudah banyak dapat ditemukan artikel blog yang membahas Simpang Siur Biaya Potongan Wire Transfer Google Adsense

Google tidak mengenakan biaya kepada anda untuk menerima dana, tetapi anda mungkin dikenakan biaya oleh bank anda. Hubungi bank anda untuk menanyakan tentang kurs dan biaya lain biaya lain yang diberlakukan pada pembayaran anda”.

Tapi faktanya, dan berdasarkan pengalaman saya menggunakan bank BRI ternyata memang ada potongan sekitar $20. Dan karena hal inilah saya hanya mencobanya sekali saja dan selanjutnya menggunakan WU.

Potongan tersebut berarti dari pihak bank, dan memang dari beberapa ulasan dan pengalaman blogger lain seputar hal ini bank BRI mengenakan fee antara 15 – 20’an dollar. Sedangkan dari bank lainnya seperti BCA, BNI, Niaga, hanya bank Mandiri yang hanya membebankan fee paling kecil yakni $5 saja.

Tapi ada juga tulisan dari blog baru yang malah menilai negatif dari tulisan-tulisan blog terdahulu dan berani mengatakan bahwa banyak blogger yang notabene sudah lama berkecimpung dengan Adsense memberikan informasi menyesatkan terkait hal ini.

Katanya tidak ada potongan sama sekali jika menerima pembayaran Google Adsense melalui transfer bank, dan juga tidak perlu memasukkan Swift code pada akun bank nya.

Padahal menurut saya, hal tersebut sungguh merupakan pernyataan yang gegabah dan ngawur. Karena setelah saya cek lagi pada bagian metode pembayaran pembayaran ternyata memang harus memasukkan kode Swift yang merupakan kode pengiriman keluar negeri tersebut.

Dan ternyata untuk saat ini memang ada 2 jenis akun Google Adsense untuk publisher Indonesia

Ada jenis akun Google Adsense apa saja yang tersedia untuk publisher asal Indonesia..?

  • Akun Google Adsense Indonesia dalam mata uang IDR kurs rupiah.

– Akun jenis ini merupakan akun publisher yang mendaftar dari bulan november 2015 hingga tahun 2018 ini.

– Pilihan metode pembayaran hanya via transfer bank dan tidak ada potongan (katanya si,h karena saya tidak memiliki akun jenis ini).

  • Akun Google Adsense Indonesia dalam mata uang $ USD kurs dollar AS.
 Hingga saat ini memang sudah banyak dapat ditemukan artikel blog yang membahas Simpang Siur Biaya Potongan Wire Transfer Google Adsense
– Akun jenis ini untuk publisher yang mendaftar sebelum bulan november 2015. Dan jenis akun inilah yang ada pada akun Google Adsense saya.

– Laporan penghasilan di dashboard hanya tersedia dalam kurs USD dan tidak bisa diganti kedalam kurs IDR, kecuali pada laporan “perfomance Reports” dan untuk hasil perhitungan pembayaran tetap dalam kurs USD.
– Bahasa menu navigasi website tetap masih dalam bahasa inggris meskipun sudah di setting kedalam Bahasa Indonesia
– Ada 3 pilihan metode pembayaran yakni, melalui Cek,Western Union dan Wire Transfer. Dan menurut kabar yang terbaru, khusus untuk akun publisher dari Amerika Serikat sudah mendukung pembayaran dengan Payoneer.
Dari kedua jenis akun diatas, sama-sama menerima pembayaran dari Google Asia Pacific Pte. Ltd, yang beralamatkan di 70 Pasir Panjang Road, #03-71 – Mapletree Business City – Singapore. 117371.

Nah pertanyaannya, jika ada yang bilang mempunyai akun Google Adsense Indonesia kurs IDR menerima pembayaran dengan Wire Transfer tidak dikenakan fee atau biaya dari pihak bank lokal di Indonesia, menurut saya ini agak janggal. Dan tolong dikoreksi jika saya salah melalui komentar dibawah.

Mengapa jika menerima pembayaran bank transfer Google Adsense tidak ada potongan itu hal yang janggal..?

Karena pembayaran tersebut masih sama-sama dikirim dari Google Google Asia Pacific Pte. Ltd di Singapura, sedangkan secara teknis dalam dunia perbankan selalu membutuhkan kode SWIFT dalam setiap aktivitas atau transaksi pengiriman dan penerimaan uang dari luar negeri.

Kecuali apabila pengiriman pembayaran tersebut dilakukan langsung dari rekening bank yang terdaftar di Indonesia, karena masih dalam satu negara yang sama maka tidak melalui layanan pesan SWIFT.

Dan karena melalui proses layanan SWIFT itulah pada setiap bank akan memberlakukan kebijakan pemotongan biaya yang biasanya ditujukan kepada penerima.