Cara Sholat Id Di Rumah

Sudah Tau Cara Sholat Id Dirumah? Berikut Penjelasannya!

Cara Sholat Id Dirumah

Dimasa pandemi sekarang ini, memang banyak hal yang harus kita batasi, sekolah, kantor, bahkan beribadah. Tidak terasa sebentar lagi Ibadah Idul Adha akan menghampiri kita, dimasa pandemi saat ini pemerintah melarang kita sholat Id di lapangan, tentu untuk kebaikan kita sendiri. Itulah kenapa Anda harus tau Cara Sholat Id Dirumah, berikut penjelasannya.

Hukum Sholat Id

Ada ulama yang berpendapat fadhu ‘ain (wajib untuk setiap muslim yang memiliki kriteria tertentu), ada juga yang berpendapat sunnah muakkad (sunnah yang ditekankan). Nah disama saat ini jika kamu ingin mengikuti pendapat pertama, maka silakan sholat id dirumah dengan keluarga, karena pemerintah saat ini melarang untuk kerumunan diluar (di lapangan – ini yang dianjurkan ataupun di masjid) diakibatkan oleh pandemi.

 

Apakah Cara Sholat Id dirumah sama dengan sholat id di lapangan?

Sebetulnya, sholat id dirumah ataupun dilapangan atau dimasjid sama saja tentang pelaksanaannya. Hanya saja ada sedikit hal yang berbeda, berikut ini ringkasannya :

  • Mandi terlebih dahulu sebelum melaksanakan sholat id
  • Menggunakan Parfum
  • Memakai Pakaian yang bagus, walaupun sholat dirumah kamu tetap harus menggunakan pakaian yang bagus dan rapi pada hari Id ya
  • Pada hari raya Id Fitri kamu di sunnahkan makan kurma sejumlah ganjil bisa tiga atau lima atau 7 dan seterusnya sebelum sholat Id. Namun pada hari raya Idul Adha kamu disunnahkan tidak makan terlebih dahulu
  • Bertakbir sambil menunggu sholat
  • Melaksanakan Sholat Id pada waktunya

Baca Juga : Barang-Barang Reject/refurbish sekarang bisa Dijual Secara Online

Perlu diketahui bahwa sholat Id tidak mengumandangkan adzan dan iqomah, serta imam sholat membaca dengan keras atau jahr. Berikut Cara Sholat Id dirumah :

  1. Sholat dilaksanakan sebanyak dua rakaat dengan niat sholat id
  2. Setelah takbir pertama pada rakaat pertama, menambah takbir sebanyak 7 kali dengan setiap takbir mengangkat kedua tangan
  3. Membaca doa istiftah
  4. Membaca Alfatihah
  5. Membaca Surah Dalam Al-Qur’an
  6. Nah, pada rakaat kedua mengangkat tangan sebanyak 5 kali
  7. Lalu lanjutkan sholat seperti biasanya

Lalu jika ada yang bertanya, jika sholat Id dirumah apakah harus memakai Khutbah?

Jika sholat id sendirian, tentu tidak dengan khutbah. Lalu bagaimana jika berjamaah dirumah dengan keluarga? Jawabannya adalah khutbah dalam sholat id adalah sunnah, itu adalah pendapat empat madzab. Dengan demikian sholat Id sudah sempurna walaupun tanpa khutbah.

Itulah tata cara yang bisa kami rangkum dalam cara sholat Id dirumah, semoga pandemi di bumi tercinta segera berlalu akan suasana menjadi normal kembali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *