SHOPPING CART

close

Tips Cara Mengelola Keuangan Ala Warrent Buffet Sang Master Keuangan

 

foto: http://www.thepanews.com

Orang Bijak mengatakan bahwa orang yang tidak bisa mengelola keuangannya akan mengalami kegagalan dalam hidupnya, Saya rasa ini benar dan saya sering menemui dalam kehidupan nyata, ada orang yang hidup dalam hutang karena tidak bisa mengelola keuangan dan kehilangan keluarga dan orang-orang terdekatnya. Sehingga wajib hukumnya untuk mengetahui cara mengelola keuangan  buat anda pribadi maupun yang sudah berkeluarga.

Warren Buffett juga seorang master ahli keuangan asal Amerika yang terkenal di dunia. Lahir Pada tanggal 30 Agustus 1930 merupakan salah satu investor tersukses seantero jagat dunia. Karena kesuksesan dari Waren Buffett, majalah forbes menetapkan dia sebagai orang terkaya kaya nomor tiga di dunia. Karena setiap aktivitas dalam investasi sangat mempengaruhi ekonomi dunia, banyak orang yang ingin meminta nasihat keuangan darinya. Warren Buffet juga aktiv dalam bidang politik dan menjadi suporter dari Hilary clinton pada saat pemilihan presiden amerika 2016 kemarin.

 

Mengelola keuangan dalam diri dan keluarga sangatlah penting, Pentingnya mengetahui cara-cara dalam mengelola keuangan agar mendapatkan kehidupan yang layak di masa depan, apalagi hidup di jaman sekarang yang semuanya memerlukan uang untuk kelangsungan hari-hari. Jika anda masih bingung dalam cara mengetahui pengelolaan keuangan baik, ada baiknya menyimak tips bagaimana mengelola keuangan ala Warren Buffett berikut di antaranya adalah:

  1. Hindari dalam berhutang

Warren Buffett juga pernah berkata bahwa sebenarnya kita tidak perlu untuk berutang di dunia ini. Lakukan dengan smart dengan cara menghasilkan banyak uang tapi tidak dengan melakukan dengan hutang apalagi jika menggunakan kartu kredit. Menurut beliau bahwa bunga yang ada di kartu kredit akan pelan-pelan dapat membunuhmu  dan membuatmu bangkrut.

 

  1. Memandang nilai Uang untuk Jangka Panjang

Kita harus selalu berpikir untuk jauh ke depan, merencanakan keuangan untuk jangka panjang wajib di lakukan. Jangan hanya melihat sekarang, besok atau 5 tahun yang akan datang. Tapi cobalah untuk melihat jauh sampai 10 atau 20 tahun ke depan, kita tidak akan pernah tahu yang akan terjadi nanti.

 

  1. Selalu Untuk menyediakan uang kas

Kunci lain untuk mengelola keuangan adalah dengan menjaga persediaan uang kas anda. Persediaan cadangan uang kas harus selalu dipertahankan di batas tertentu. Jadi selalu buatlah cadangan kas Anda jika ada di mana masa–masa krisis akan keuangan sehingga kondisi keuangan Anda tidak akan memburuk.

 

  1. Berinvestasi pada Diri Anda

Investasi yang terbaik adalah berinvestasi untuk diri anda sendiri , Menurut Waren Buffett, apapun yang Anda lakukan sekarang , berinvestasi lah kepada hal-hal yang dapat membuat kemampuan meningkat dan berharga lagi misalkan dengan memacu diri anda untuk berlatih dalam berbisnis, melakukan sesuatu untuk meningkatkan skill dalam berpikir untuk menghasikan uang lebih banyak . Contohnya saya sendiri saya adalah seorang pegawai swasta di Hotel tetapi saya ingin mengembangkan diri saya sendiri untuk mencoba hal baru yakni di bidang bisnis online, gaya investasi saya adalah saya mengikuti komunitas sekolah internet dan membeli beberapa software / toolls untuk menunjang cara saya melakukan promosi marketing. Pelan tapi pasti saya akan melangkah maju untuk meraih mimpi saya dalam pengelolaan keuangan saya sendiri.

Artikel Menarik lainnya: 

Mengenal Sosok Yasa Singgih Men’s Republic yang Meraup Ratusan Juta dari Bisnis Online

  1. Menabunglah

Menurut Waren Buffett, kesalahan terbesar setiap orang mengalami keuangan yang buruk adalah karena tidak membangun kebiasaan sejak dini untuk menabung. Menabung bisa untuk menjaga kestabilan keuangan Anda atau cashflow. So jadikan menabung sebagai kebiasaan anda dan jangan ditunda lagi, kita bisa memulai dengan nilai tabungan yang terkecil dan dilakukan secara konsisten.

 

  1. Beramal

Investor besar sekelas Warren Buffett juga ternyata telah menyediakan dana untuk diberikan kepada yang membutuhkan atau bersedekah . Ia merupakan salah satu bapak pendiri The Giving Pledge bersama dengan pendiri Microsoft, Bill Gates dan 130 miliarder lain yang telah sepakat untuk menyumbangkan uangnya kepada yang orang yang membutuhkan.

 

Tips di atas adalah masuk dalam logika kita bukan, karena saya sendiri sangat setuju, dari saya pribadi hal mengenai investasi sendiri sebenarnya adalah bagaiamana caranya saya menggunakan uang saya untuk menghasilkan uang lagi, Misalkan membangun suatu bisnis dan fokus hanya dengan itu dulu sampai menghasilkan dan memulai untuk memeliharanya sebaik-baiknya. Cara mengelola keuangan bukan hanya dengan depsito, menabung atau mengumpulkan uang saja, tapi kita harus mampu membuat uang yang kita punya menghasilkan uang kembali.  Bagaiamana dengan anda ? apakah sudah mengelola keuangan dengan baik atau belum ? Hanya anda yang tau jawabannya.

 

Semoga artikel ini bermanfaat!

SALAM SUKSES

Tags:

0 thoughts on “Tips Cara Mengelola Keuangan Ala Warrent Buffet Sang Master Keuangan

Leave a Reply

Your email address will not be published.