Waspadai Uang Tabungan Di Bank Anda Diambil Perampok Digital

 Tim dan pakar keamanan yang mengurus Bank tentu saja memang benar Waspadai Uang Tabungan Di Bank Anda Diambil Perampok Digital Tim dan pakar keamanan yang mengurus Bank tentu saja memang benar-benar orang-orang yang mempunyai keahlian di bidang tersebut. Karena jika tidak, maka akan hancurlah pengamanan yang melindungi semua dana nasabah yang tersimpan di dalam sistem perbankan tersebut.

Tapi meskipun begitu, pencuri tabungan Bank selalu berusaha untuk mencari-cari cara agar tetap dapat mencuri uang tabungan nasabah.

Dan dari kebanyakan kasus-kasus yang dari dulu sudah pernah terjadi, pencuri akan lebih tertarik untuk memanfaatkan kelalaian nasabah ketimbang menjebol sistem keamanan Bank yang relatif lebih sulit.

Berikut beberapa modus perampok digital dalam memanfaatkan kelalaian dan ketidaksengajaan nasabah bank:

  • Memasang Kamera Tersembunyi/Card Reader Di Ruangan Mesin ATM

Cara seperti ini merupakan cara klasik yang sudah lama dipergunakan oleh para perampok digital dalam rangka untuk melakukan pengumpulan data-data calon korbannya.

Data-data yang kami maksud tersebut diantaranya adalah pin yang terlihat ketika nasabah mengetikannya di papan ketik (keypad) mesin ATM.  Dan meskipun untuk saat ini pihak Bank sudah mengantisipasinya dengan cara memasang penutup keypad, tapi pada kenyataanya terkadang masih sempat ditemukan juga mesin ATM yang belum dipasang penutup tersebut.

Sedangkan untuk pemasangan card reader, alat ini berfungsi sebagai perekam data yang berasal dari transaksi dan juga dari kartu ATM nasabah yang sedang dimasukkan ke mesin ATM.

Dari model pengumpulan data-data seperti yang sudah dijelaskan diatas, oleh pelaku akan dipergunakan untuk memulai aksinya, seperti membuat kartu ATM palsu dengan data-data yang sama persis dengan yang aslinya hasil dari perekaman card reader dan juga nomor ketikan PIN yang terekam kamera tersembunyi.

Oleh karena itu, sangat dianjurkan agar selalu menutupi dengan tangan kiri anda pada setiap kali nasabah sedang mengetikan nomor PIN di keypad.

  • Bekerjasama Dengan Oknum Pegawai Bank

Cara seperti ini memang mungkin terjadi, yakni dengan cara membuat kartu ATM fiktif dengan memanfaatkan nomor rekening nasabah yang tidak menginginkan atau mencetak kartu ATM. Baca juga: Pencurian Data Nasabah Bank.

Karena didaerah admin SampinganOnline juga masih banyak yang seperti ini terutama orang-orang yang sudah tua yang tidak familiar dan merasa repot dengan kartu ATM. Jadi mereka hanya menabung dengan buku tabungan dan tidak mau mencetak kartu ATM.

  • Pencurian Data Via Sistem Online

Cara seperti juga pernah kami alami sendiri. Yakni dengan menggunakan modus undian berhadiah uang tunai jutaan rupiah yang mengatasnamakan dari salah satu operator seluler besar di Indonesia.

Kemudian dalam metode pengambilan hadiahnya, nasabah akan diminta untuk datang langsung ke mesin ATM sambil melakukan beberapa tindakan yang dipandu langsung oleh penipu.

Padahal, pada saat nasabah sudah memasukkan kartu ATM nya di mesin itulah stasunya menjadi online yang membuat si pelaku bisa memantau dan melakukan aksi pencurian data-data dan bahkan bisa langsung mencuri uang tabungan nasabah.

Jadi, janganlah anda percaya dengan modus penipuan yang menawarkan hadiah yang masih berupa uang elektronik yang harus diambil langsung di mesin ATM.

Pelaku penipuan modus seperti ini biasanya akan berdalih bahwa, ini bukan merupakan transaksi transfer, jadi uang anda akan tetap aman, akan tetapi ini adalah cara penarikan hadiah agar masuk kedalam rekening tabungan anda.